TRADISI WIWITAN KHAS DESA SALAMREJO

Kamis, 6 Juli 2017 12:08:45 - Oleh : Pemerintah desa salamrejo

Kirab Budaya Baritan Tradisi Pedukuhan Nrandu

Upacara Adat Tirta Umbul Mulya Di Sendang Apit Awali Tradisi Baritan di Ngrandu Salamrejo

TRADISI WIWITAN KHAS DESA SALAMREJO

ROSA Memeriahkan Penutupan BBGRM Ke XIV Di Salamrejo

Pemotongan padi temantenan,sebanyak 11 pasang berdasar pada hari pelaksanaan Wiwitan Masal  

Tradisi wiwitan merupakan warisan adat yang dulunya turun temurun dilakukan oleh keluarga petani. Wiwit biasa dilakukan menjelang musim panen atau diawal musim panen padi. Makna dari tradisi wiwit, sejatinya adalah panjatan doa dan ungkapan syukur atas limpahan hasil panen dari Yang Maha Kuasa. Akan tetapi tradisi wiwit sesungguhnya juga bisa dimaknai sebagai sarana atau media terjalinnya interaksi sosial diantara para petani serta hubungan keselarasan antara petani pemilik lahan dengan alam.

Demikian halnya yang dilakukan oleh kelompok tani di Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo dalam memasuki musim panen padi masa tanam ke 2 pada hari, Selasa, 4 Juli 2017 tepatnya di Bulak Giyoso, Salamrejo, Sentolo juga melaksanakan upacara wiwitan. Upacara adat wiwitan ini diikuti 6 kelompok tani dan 1 Gapoktan di Desa Salamrejo. Keenam kelompok tersebut adalah KT Permaden rejo, KT. Jetis Mulyo, KT. Jlegong Kantaran, KT. Ngudi Mulyo, KT. Klampok Mulyo  KT. Suka Maju dan Gapoktan Prakoso Rejo.

Turut hadir dalam acara wiwitan bersama ini Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan,  Camat Kecamatan Sentolo dan Unsur Muspika, Penyuluh dari BPP Sentolo serta  dimeriahkan dengan hiburan Gejog Lesung “ROSA” (Rombongan Salamrejo) dan musik Calung “Monggo Kerso” dari dusun Mentobayan.

« Kembali | Kirim | Versi cetak