ROSA Memeriahkan Penutupan BBGRM Ke XIV Di Salamrejo

Jum`at, 12 Mei 2017 11:53:58 - Oleh : Pemerintah Desa Salamrejo

Kirab Budaya Baritan Tradisi Pedukuhan Nrandu

Upacara Adat Tirta Umbul Mulya Di Sendang Apit Awali Tradisi Baritan di Ngrandu Salamrejo

TRADISI WIWITAN KHAS DESA SALAMREJO

ROSA Memeriahkan Penutupan BBGRM Ke XIV Di Salamrejo

 

BBGRM (Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat) Ke 14 dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo di Kecamatan Sentolo. Pembukaan BBGRM Ke XIV ini dilaksanakan di Desa Kaliagung. Di Desa Kaliagung yang juga baru saja memperingati hari jadinya, pembukaan dilangsungkan meriah.

Dalam kesempatan ini ada beberapa lokasi pembangunan yang diresmikan Pj Bupati Kulon Progo, Ir. Budi Antoro, M.Si, antara lain: Cor Blok di Pedukuhan Ngrandu dan Kios Pasar Desa di Pedukuhan Banyunganti Lor Desa Kaliagung; Cor Beton di Pedukuhan Jangkang Kidul dan Karambanisasi di Sungai Papah Desa Sentolo; dan terakhir di Saluran Drainase di Pedukuhan Ngrandu Desa Salamrejo.

Pada peresmian saluran Drainase di Pedukuhan Ngrandu, Ir. Budi Antoro, M.Si melakukan pemotongan Pita Peresmian. Setelah itu, Pj Bupati Kulon Progo dibantu stafnya melakukan sebar benih ikan lele di saluran drainase yang dibangun dari dana APBDes senilai Rp 80.000.500,- serta swadaya masyarakat senilai Rp 19.345.000,- tersebut.

Penutupan BBGRM ke XIV dilaksanakan di Balai Desa Salamrejo. Pj Bupati langsung menuju jajaran bazar sesampainya di Balai Desa. Beliau melihat langsung barang-barang produksi Desa Salamrejo yang dikelola oleh PKK Desa Salamrejo.

Gejog Lesung “ROSA” dengan apik memainkan beberapa buah lagu untuk menyambut Rombongan Ir. Budi Antoro, M.Si. Diiringi suara merdu dari sinden Parmi, suasana semakin meriah. Saat penari-penari Gejog Lesung unjuk kebolehan, tepuk riuh berkumandang.

Setelah puas melihat kesenian Gejog Lesung “ROSA”, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis :

  • Piagam Penghargaan Teladan I KB Lestari 20 Tingat Kabupaten kepada Keluarga Tri Mulyono (Kaliagung)
  • Surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Widyaningtyas Virgo Kartika (Salamrejo)
  • Penyerahan Benih Cabai kepada Kelompok Tani Makmur (Srikayangan)
  • Penyerahan Cultivator kepada Kelompok Tani Karya Makmur (Srikayangan)
  • Sertifikat Pelatihan Jumantik kepada Karang Taruna Pedukuhan Karang Wetan (Salamrejo)
  • Penyerahan PMT Bumik dan Balita kepada Ibu Titi Dwi K (Salamrejo)

Dalam sambutannya Pj Bupati Kulon Progo memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah bekerjasama dan bergotong royong dalam membangun kebersamaan, selain itu beliau juga meminta agar kegiatan BBGRM ini terus diadakan.

BBGRM merupakan kegiatan Rutin Tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk meningkatan partisipasi gotong-royong masyarakat terhadap kegiatan pembangunan. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan HKG PKK.

« Kembali | Kirim | Versi cetak