Suran di Pedukuhan Klebakan

Rabu, 19 Oktober 2016 14:23:26 - Oleh : Pemerintah Desa Salamrejo

Kirab Budaya Baritan Tradisi Pedukuhan Nrandu

Upacara Adat Tirta Umbul Mulya Di Sendang Apit Awali Tradisi Baritan di Ngrandu Salamrejo

TRADISI WIWITAN KHAS DESA SALAMREJO

ROSA Memeriahkan Penutupan BBGRM Ke XIV Di Salamrejo

 

Salamrejo – Rangkaian kegiatan suran Pedukuhan Klebakan dimulai hari Jumat tanggal 14 Oktober 216. Jumat pagi warga Pedukuhan Klebakan dengan penuh semangat membersihkan lingkungan rumah. Warga sangat antusias menyambut rangkaian kegiatan suran yang akan dilaksanakan. Jumat sore rangkaian kegiatan suran dilanjutkan dengan ziarah leluhur dan tabur bunga di Makam Njaro.

Tahlilan dilaksanakan pada Jumat malam di rumah Ibu Kusnoto RT 007. Tahlilan dipimpin oleh Kaum Rois Klebakan yaitu Bapak Parijo. Sabtu pagi diadakan acara kenduri yang dilaksanakan juga di rumah Ibu Kusnoto. Kemudian, siang pukul 10.00 WIB dilaksanakan pentas Wayang Kulit oleh Ki Dalang Cermo Baskoro/Suparman. Pentas wayang kulit ini berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Pada Sabtu malam, diadakan pentas seni yang dimulai pada pukul 20.00 WIB. Pentas seni yang ditampilkan yaitu Tari Gambyong dan Gejog Lesung dan dilanjutkan pagelaran Wayang Kulit oleh Ki Dalang Suranto dari Sukoreno.

Walaupun sempat diguyur hujan, dalam acara pagelaran wayang kulit tersebut, hadir Bapak dr. Hasto Wardoyo dan Bapak Tedjo.  Terlihat pula perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabuaten Kulon Progo, anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo serta Camat Sentolo beserta Muspika Kecamatan Sentolo.

« Kembali | Kirim | Versi cetak