Jamasan Masal Pusaka Pedukuhan Ngrandu

Rabu, 19 Oktober 2016 09:46:24 - Oleh : Pemerintah Desa Salamrejo

Kirab Budaya Baritan Tradisi Pedukuhan Nrandu

Upacara Adat Tirta Umbul Mulya Di Sendang Apit Awali Tradisi Baritan di Ngrandu Salamrejo

TRADISI WIWITAN KHAS DESA SALAMREJO

ROSA Memeriahkan Penutupan BBGRM Ke XIV Di Salamrejo

 

Salamrejo – Hari Jumat, 7 Oktober 2016 Pedukuhan Ngrandu mengadakan Jamasan Masal Pusaka. Jamasan masal tersebut dilaksanakan di Rumah Bapak Narimo Utomo Al. Ngadimun. Jamasan dilakukan untuk membersihkan pusaka-pusaka dari kotoran dan debu yang menempel, dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Selain itu, jamasan tersebut juga pasti bertujuan untuk melestarikan adat budaya yang sudah turun-temurun dilaksanakan agar tetap lestari.

Jamasan biasanya dilakukan sendiri-sendiri, akan tetapi kali ini jamasan dilaksanakan secara masal untuk mempersingkat waktu dan memupuk kebersamaan. Acara jamasan masal pusaka dimulai tepat pukul 13.00 dipimpin oleh Bapak Iswanto sebagai pembawa acara. Bapak Rubingin memberikan sambutan sebagai perwakilan dari panitia. Kemudian, acara dilanjutkan dengan Tahlilan bersama yang dipimpin oleh oleh Kaum Rois Ngrandu Bapak Muhadi.
Jamasan dilaksanakan setelah Tahlilan, dipimpin oleh Bapak Narimo Utomo Al. Ngadimun. Banyak jenis pusaka yang dibersihkan seperti, keris dan tombak.
Hadir dalam acara jamasan masal pusaka tersebut Bapak G. S. Suryadi yang merupakan pelestari budaya. Juga para Kyai antara lain Kyai Haji Muh. Nurudin dan Kyai Hadi Imam Sodiq. -din

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak