Ritual Jamasan Kitab Jamus Kalimasada

Kamis, 6 Oktober 2016 13:23:04 - Oleh : Pemerintah Desa Salamrejo

Kirab Budaya Baritan Tradisi Pedukuhan Nrandu

Upacara Adat Tirta Umbul Mulya Di Sendang Apit Awali Tradisi Baritan di Ngrandu Salamrejo

TRADISI WIWITAN KHAS DESA SALAMREJO

ROSA Memeriahkan Penutupan BBGRM Ke XIV Di Salamrejo

 

Salamrejo - Ritual Jamasan Kitab Jamus Kalimasada menjadi kegiatan rutin di Dusun Klebakan, Desa Salamrejo, yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Suro. Kegiatan tersebut diadakan pada hari Minggu, 1 Suro ( 2 Oktober 2016) di rumah Bapak Waluyo putra dari Alm Mbah Mangun Werdoyo. Sebelum kegiatan jamasan dilaksanakan, keluarga  mengadakan tahlilan dan nyekar ke makam Alm. Mbah Mangun Werdoyo, yang merupakan canggah dari Darmo Gati/Wonosari yang mana diberi kitab Kalimasada oleh Sultan Hamengku Buwono VII.

Kitab Jamus Kalimasada yang sudah berusia ratusan tahun tersebut, berbentuk lembaran-lembaran daun lontar yang bertuliskan tulisan jawa. Menurut Ibu Sri Lestari, S.Pd., tulisan-tulisan adalah tulisan Jawa kuno asli tetapi ada beberapa kata yang masih dpergunakan sampai sekarang. Tulisan tersebut adalah tulisan Jawa asli, Jawa kuno. Walaupun begitu ada beberapa kata yang masih dipergunakan sampai sekarang seperti kata arane, kawulo, ngawulo, maring Rasululloh. Itu menunjukkan bahwa tulisan-tulisan tersebut adalah tulisan jawa asli yang masih dipergunakan sampai sekarang.

Kitab pemberian Sultan Hamengku Buwono VII tersebut diambil dari kotak penyimpanan oleh putra tertua Alm. Mbah Mangun Werdoyo. Setelah kitab dibuka dari ikatan tali sehingga lembar pertama terbuka dilanjutkan siraman dengan mengoleskan cairan pembersih yang terdiri dari minyak zafaron, minyak misik dan alkohol, menggunakan kapas bersih yang sebelumnya sudah dipersiapkan oleh anggota keluarga. Tiap anggota keluarga melakukan siraman tersebut, baru setelah anggota keluarga selesai dilanjutkan oleh Dinas Kebudayaan, Camat Sentolo, Kepala Desa Salamrejo, Perangkat Desa dan tokoh masyarakat yang hadir. Karena tiap tahun jumlah lembar berbeda-beda, diadakan pencatatan jumlah lembar dalam Kitab Jamus Kalimasada, tahun ini berjumlah 69 lembar.
 
Kegiatan ini selain bertujuan membersihkan kitab dari debu dan kotoran, juga sebagai pengingat akan warisan budaya yang harus dijaga dan dirawat dengan baik.

>>klik untuk menonton full video<<

« Kembali | Kirim | Versi cetak